bagaimana ku jelaskan cinta? karena itu tak dapat dijabarkan

sesuatu yang indah terlahir dari rasa, dan rasa itu karunia Illahi

 

Sahabat, menyukai seseorang itu adalah hal yang wajar. dan setiap dari kita pasti pernah menyukai seseorang atau bahkan lebih. suka bisa menjadi cinta dan itu mudah.  namun Sahabat, seringkali kita keliru menempatkan perasaan suka itu. 

 

Biasanya jika kita menyukai lawan jenis kita, apasih yang menjadi alasan ?

-Cantik/Ganteng

-Baik

-Murah Senyum

-Rajin

-Tinggi

-Berprestasi

-Aktif

-Sholeh

-Kaya

 

Alasan pertama, kita menyukai lawan jenis kita karena paras wajahnya yang cantik/ganteng. jika hal itu yang menjadi alasan pertama maka mudah sekali untuk berbuah cinta. setiap kali kita bertemu dengannya maka rasa suka itu terus menjelajahi fikiran kita dan terus bertambah. hanya mengagumi paras wajahnya saja dan sering bertemu itu akan membuahkan cinta. cinta akan paras wajahnya yang diciptakan Allah lebih baik dari yang lain. harusnya kita akan bertambah cintanya kepada Allah bukan kepada sosok lawan jenis kita karena Allah lah yang membuat paras wajahnya begitu cantik/ganteng.

 

Penilaian kedua, baik. sepertinya kata baik ini akan lahir ketika kita sudah berinteraksi dengannya atau mungkin melihat dia berinteraksi dengan temannya dan melihat dia sedang menolong orang lain. sampai-sampai membuat hati kita bergetar. iya ga sih? tau ga?padahal Allah lah yang membuat dia tergerak hatinya untuk berbuat baik. untuk mau menolong orang lain. apalagi berteman baik.

 

Penilaian ketiga, murah senyum.

kepada siapa dia murah senyum? kepada kita yang menyukainya? (skip). 

senyum itu adalah perbuatan positif yang menghasilkan kebahagiaan tersendiri. senyum juga merupakan ibadah dalam islam. walaupun bibirnya mengsong dan giginya acak-acakan, tetap saja terlihat indah. kenapa coba? karena senyum itu energi positif yang dapat menghipnotis lawan yang disenyuminya untuk membalas senyumnya. siapa lagi yang memerintahkan kita untuk selalu tersenyum? -Allah.

siapa yang menggerakan dia untuk senyum? -Allah.

siapa yang menciptakan senyuman manis? -Allah.

 

Penilaian keempat, rajin. sifat ini ada ketika kita sudah mengenal lebih jauh orang yang kita suka.

sebetulnya siapa yang rajin hayo?  bukannya kamu ya yang selalu memperhatikan dia terus sampai kamu tahu sifat-sifatnya, tahu kesehariannya.

iya kan?

 

Mengapa kategori sholeh yang menjadi list terbelakang?

karena ke-sholeh-an tidak dilihat dari bagaimana paras wajahnya. ini merupakan hal langka yang sayang sekali kita tidak mengetahuinya. akan saya beritahu. ilmu menikah dalam islam. Rosul mengajarkan kepada kita untuk mellihat ke-sholeh-an nya yang paling pertama, yang kedua harta dan yang terakhir paras. jadi jelaskan? sholeh itu yang paling utama.

 

sebagian teman kita berpendapat bahwa sholeh itu bisa diperbaiki, bisa di update. sedangkan paras tidak, harta tidak bisa seketika dan harus dicari. Allah telah menjanjikan untuk orang-orang shaleh bahwa diberikannya rumah di Syurga.

kurang kaya apa lagi?.

 ke-sholeh-an itu tidak bisa dibuat, ia harus melalui tahapan panjang untuk bisa menjadi sholeh. namun paras, bisa saja berubah seketika jika Allah mengatakan “kun fayakun” maka jadilah. kitapun tak bisa berkata apa-apa. harta, siapa yang mengadirkan harta? rezeki? dan siapa yang membuat kita kenyang? Allah. bukan orang sholeh. Allah memberikan itu semua melalui perantara ke-sholeh-an nya.

 

Dari Cinta Ke Cinta, akan menghantarkan kita kepada cinta yang sesungguhnya. yang sejati, yang kekal abadi, dan tak pernah ada perpisahan di antara kita. kecuali sementara. cinta pada Allah lah yang harus di utamakan, karena Allah menciptakan rasa suka tak lain untuk mendapatkan perhatian hambaNya untuk meningkatkan kecintaan nya pada Nya. kita diberikan pasangan hidup untuk lebih mencintaiNya bukan malah menjauh padaNya. kita diberikan sahabat karib untuk terus mengingatNya, diberikan keluarga untuk menuju Diin-Nya.

 

jangan sampai kau menyalahkan cinta, pahamilah cinta karena ia adalah sesuatu yang tidak bisa dijabarkan. jagalah dirimu dengan lawan jenismu. jaga jarakmu, pasang rambu-rambu hati. jangan sampai tertabrak atau kecelakaan terjadi diantara kalian. karena cinta bukanlah kenikmatan belaka, namun kebahagiaan sejati yang tak dapat dibeli oleh bumi dan seisinya.

 

Sarah Azahrah, Jatinangor 

18 November 2013/14 muharram 1435 H

Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s